Selamat datang di blog KI DALANG KLUMOSARI (Padepokan Cakra Latifah) Dk.Klumosari rt 03 rw o5 Ds.Banjaragung Kec.Bangsri Kab.Jepara HP : 085292205271 (Hendroyono,S.Sn), Terima Kasih Atas Kunjungannya.

JAMAS PUSAKAKU

Merawat pusaka memang tak semudah yang kita bayangkan, perlu ketelitian dan kejelian, mempunyai sebuah pusaka mewajibkan kita untuk mengetahui dengan detail pusaka yang kita miliki, mengetahui jenis, pamor dan khodam yang bersemayam dalam pusaka merupakan suatu kreteria yang harus kita penuhi manakala kita mempunyai sebuah pusaka dan mengetahui arti sesungguhnya kegunaan pusaka yang kita pegang. disini saya akan coba berbagi ilmu dengan anda, walaupun saya tau, apa yang saya ketahui mungkin sangat terbatas dan masih kurang banyak, tapi bagi anda yang buta tentang pengetahuan ini, mungkin menjadi serpihan ilmu yang dapat anda manfaatkan.
merawat pusaka pertama kita harus tau bagaimana membersihkan pusaka (ngedus) agar pusaka bersih dari karat, hal ini penting karena dapat mempengaruhi daya magis dalam sebuah pusaka (bagi yang percaya), adapun caranya yaitu :
  1. siapkan bahan sebagai berikut : pace matang 5 biji, air jeruk nipis 1 kg, air kelapa hijau 1 butir. caranya : campus semua bahan dan rendamlah bilah keris hingga semua karat bersih, pamor nampak.
  2. setelah terlihat bersih, lalu bersihkan keris dengan sabun cuci dan sikat gigi, bersihkan hingga nampak cemerlang.
  3. jamaslah pusaka, yaitu memandikan dengan air bunga setaman dengan cara dipercikkan pada pusaka, dengan membaca doa " bismilahiroohmanirrohim, ingsun nyoto lelananging jagad kang dadi utusaning bawono, asung khurmat dumateng poro empu kang nyipto wijining pusoko, lan khodam kang mapan ing guwogarbaning pusoko, kulo nyuwun pangestu kelawan ridhaning gusti lumantar siro, podo tangio, rerewango marang sedyaningsun sak rinane sak wengine selawase gesang sak maro margane mugio pinaringan gampang, amin"
  4. setelah itu pusaka di usap agar semua airnya kering, lalu diberi minyak melati kraton yang telah dicampur dengan oli jait, untuk menjaga agar tidak mudah karatan.
  5. sarungkan kembali pusaka dan letakkan ditempat yang semestinya.

selamat mencoba


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

KI DALANG KLUMOSARI Copyright © 201 | Powered by Blogger